Cara Membersihkan Rumah Agar Tetap Nyaman

Cara Membersihkan Rumah - "Rumahku, surgaku", pernahkah anda mendengar kalimat ini? Yup sebagai tempat berlindung, dan beristirahat, rumah memang seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya.


Sumber: merdeka.com

Dan untuk mewujudkan rumah yang nyaman, ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Mulai dari membuat desain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pemilik, hingga yang paling sederhana adalah menjaga agar rumah selalu bersih. Yup, rumah bersih adalah salah satu hal yang sangat sederhana namun juga sangat penting.

Ini karena tidak peduli sebesar dan semewah apa pun rumah, namun jika tidak bersih pasti akan terasa sangat tidak nyaman. Untuk itu sangat penting untuk menjaga agar rumah selalu bersih. Kebanyakan orang, terutama para ibu rumah tangga biasanya akan membersihkan rumah setiap hari, namun saat ini ada banyak sekali perempuan yang bekerja dan sibuk hingga jarang berada dirumah apalagi membersihkan rumah. 

Untuk itu, tidak heran ketika hari minggu atau hari libur, banyak orang yang memanfaatkannya untuk membersihkan rumah. Namun, tentu saja kita tidak ingin menghabiskan waktu seharian hanya untuk membersihkan rumah bukan? Nah jika iya, anda harus mulai mencari cara untuk membersihkan rumah dengan cepat. Tapi sebelum itu, seperti yang dilansir oleh rumah.com, berikut ini 6 tips membersihkan rumah yang harus anda baca!

6 Tips Sederhana Dalam Membersihkan Rumah


1. Buang sampah setiap pagi


Sumber: kamu-info.web.id

Terkadang anda membuang sampah hanya saat tempat sampah penuh, terutama tempat sampah di kamar mandi atau kamar tidur yang jarang digunakan. Nah, cobalah untuk mengganti kebiasaan tersebut dan mengikuti saran dari Livia Joyce dari A to Z Cleaning. Setiap pagi, buanglah sampah makananan sisa semalam. Plastik sampahnya pun langsung diikat dan dibuang ke tempat pembuangan di luar. Hal ini juga untuk menghindari bau busuk yang menyeruak di dalam rumah, terutama yang muncul dari makanan basi.

2. Bersihkan wastafel setelah digunakan


Sumber: tokopedia.com

Mungkin terlihat sepele, tetapi bagi Ashlee Edie, dari Handy, kebiasaan ini akan membuat wastafel anda jauh lebih bersih. Seperti yang anda tahu, bagian ini seringkali kotor dan berkarat. Wajar saja, odol dan sabun yang jatuh, serta sisa makeup, akan membuat wastafel memiliki noda kecokelatan dan berkarat. Maka dari itu, pastikan wastafel selalu dalam keadaan bersih dan kering. Letakkan lap kering di dekat wastafel agar mudah membersihkannya.

3. Rajin membersihkan ketel


Sumber: womens-advisor.com

Salah satu kegiatan yang rutin dilakukan setiap pagi adalah menjerang air. Nah, dari situlah kuman dan bakteri bisa muncul. Menurut, Diane Regalbuto, pemilik Betty Likes to Clean, sebuah toko pembersih di Amerika Serikat, pegangan pada ceret memuat bakteri paling banyak di rumah. Maka dari itu, jangan lupa untuk memberihkan seluruh bagian ketel, terutama bagian luarnya. 

4. Membersihkan ruangan yang sering digunakan


Sumber: kompas.com

Bersihkan mulai teras, ruang tamu, hingga dapur. Tak hanya lantai, tetapi juga karpet dan keset. anda bisa menggunakan vacuum cleaner atau rajin menggantinya. Menurut Jotham Hatch, direktur pelatihan nasional dari Chem-Dry, sebuah jasa pembersih keset dari AS, karpet dan keset ibarat sebuah penyaring yang menangkap kotoran dan pemicu alergi seperti debu agar tidak masuk ke ruangan.  Nah, untuk menjaga fungsinya tetap bekerja dengan baik, pastikan anda rajin membersihkan dua benda tadi.

5. Peranti elektronik


Sumber: ru.wikihow..com

Di zaman sekarang, anggota keluarga seringkali terlihat memegang handphone, tablet, atau asyik mengganti saluran televisi dengan remote controlSama seperti pegangan ketel, benda-benda tersebut juga menjadi sumber bakteri. Ashlee Edi menyarankan untuk membersihkan alat elektronik tersebut setiap malam sebelum tidur dengan menggunakan tisu basah. 

6. Gunakan aturan dua menit


Sumber: youtube.com

Emma Gordon dari Clutter menyarankan, jangan suka menunda untuk membersihkan sesuatu, terutama yang dapat dikerjakan dalam dua menit atau kurang. Misalnya saja membersihkan remote control, meletakkan gelas dan piring kotor ke tempat cucian, dan lainnya. Jika anda sering menunda, tak hanya pekerjaan rumah anda bertambah banyak tapi bakteri juga akan muncul. 

Selain beberapa tips dalam membersihkan rumah, anda juga butuh trik khusus untuk membersihkan rumah. Apalagi untuk anda yang tidak punya banyak waktu untuk membersihkan rumah, trik ataupun cara khusus sangat dibutuhkan agar rumah bersih tanpa membutuhkan waktu lama. Lalu bagaimana sih cara membersihkan rumah dengan cepat? Seperti yang dilansir oleh wolipop.detik.com, berikut ini Cara Membersihkan Rumah dengan cepat!

Cara Membersihkan Rumah


1. Bersihkan yang penting


Sumber: rumahoscorliving,com

Dilansir she knows, salah satu dari rahasia membersihkan rumah dengan cepat adalah dengan mengutamakan membersihkan yang penting-penting. Pertama adalah mencuci piring, lalu menyapu lantai dan terakhir membereskan tempat tidur. Dengan melakukan tiga hal itu, rumah akan terlihat lebih bersih.

2. Bersihkan debu


Sumber: blog.sewakost.com

Debu yang ada di permukan meja atau frame foto mudah terlihat mata. Padahal bersih-bersih rumah dari debu ini tidak memakan waktu lama, setidaknya bisa dilakukan kurang dari 10 menit. Lap kain microfiber salah satu alat yang bisa digunakan untuk membersihkan dengan cepat. Bahan khusus yang dipakai di lap tersebut bisa membersihkan debu, kotoran, minyak, kuman dan lain-lain. 

3. Hanya kerjakan 10 hal


Sumber: rumahku.com

Membersihkan seluruh ruangan di rumah sudah pasti akan melelahkan. Agar lebih mudah, kenapa tidak anda memilih hanya mengerjakan 10 hal di satu ruangan. "Biarkan diri anda hanya melakukan 10 hal untuk membersihkan ruang, seperti kamar anda (misalnya, membereskan tempat tidur, menggantungkan celana anda, melipat dan menyimpan sweter, dll). Untuk melakukan ini, prioritaskan pada hal yang memang kacau.  Jika anda punya waktu untuk melakukannya lagi setelah itu, akan lebih baik. Kalau tidak, setidaknya anda sudah melakukan sesuatu," jelas Sarah Welch, pendiri situs pengorganisasian berbagai hal, Buttoned Up.

4. Bersihkan kamar mandi


Sumber: expensivest..com

Kamar mandi biasanya salah satu area yang tidak terlalu anda sukai untuk melakukan aksi bersih-bersih. Namun sebenarnya tempat ini salah satu yang wajib jadi prioritas anda. Membersihkan kamar mandi tidak harus dilakukan berjam-jam. 


"Untuk kamar mandi, cara tercepat untuk meminimalkan pekerjaan anda adalah pertama-tama bersihkan toilet, lalu semprotkan cairan disinfektan ke semua lantai. Setelah itu, dimulai dari toilet, sikat dan bersihkan dengan cepat. Dengan terlebih dulu menyemprotkan cairan disinfektan, anda memberikan kesempatan untuk cairan itu bekerja sendiri, sehingga bisa mengurangi tenaga anda saat menyikat. 

5. Ambil dan sembunyikan 


Sumber: kompas.com

Saat rumah belum bersih benar, anda tiba-tiba akan kedatangan tamu yang tidak direncanakan. Jika hal ini terjadi, untuk membersihkan rumah, fokus pada area yang terlihat saja. Untuk area-area lainnya, langsung lakukan tindakan 'ambil dan sembunyikan'. Misalnya saja ambil semua benda-benda yang berserakan dan tidak pada tempatnya, seperti buku, mainan dan pakaian. Taruh semua benda-benda tersebut dalam satu keranjang atau tempat lainnya, lalu sembunyikan di satu tempat yang kemungkinan tidak dilihat tamu.
Membersihkan rumah adalah salah satu pekerjaan dasar yang harus dilakukan agar anda memiliki rumah yang bukan hanya bersih tapi juga terasa nyaman. Kebanyakan orang berfikir, membersihkan rumah adalah tugas perempuan, namun jika di hari libur tidak ada salahnya juga mengajak seluruh anggota keluarga untuk membersihkan rumah. Selain lebih seru, pekerjaan jadi lebih ringan, dan rumah anda akan kembali bersih dalam waktu singkat!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Rumah. Yuk jaga rumah kita selalu bersih!Cara Membersihkan Rumah

Others Home Decoration Article :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top