Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap

Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap - Keramik memang masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjadi lantai rumah mereka. Biasanya lantai keramik berwarna putih menjadi salah satu favorit banyak orang. Mungkin karena warna putih memberikan kesan bersih, sederhana namun juga terlihat simpel dan tidak berlebihan. Selain itu, dengan menggunakan warna putih, noda apa pun akan jadi lebih mudah terlihat sehingga lebih gampang saat dibersihkan.


Sumber: whatiswix home garden

Namun meski warna lantai keramik putih selalu jadi kesukaan banyak orang, bukan berarti ubin keramik hadir dengan warna putih saja. Selain warna putih, lantai keramik juga dipilih karena warnanya yang lebih beragam, keramik juga memiliki banyak motif yang mampu membuat ruangan dirumah menjadi lebih cantik. Untuk harga, keramik juga jauh lebih murah daripada lantai dari bahan granit atau bahan lainnya.

Untuk membersihkannya pun lantai keramik jauh lebih mudah dan anda juga dapat menemukan berbagai produk pembersih lantai keramik di berbagai swalayan, atau bahkan warung di dekat rumah. Namun meski mudah, bukan berarti anda mengabaikan pentingnya membersihkan lantai keramik. Dan seperti yang dilansir oleh danmogot.com, berikut ini Cara Membersihkan Lantai Keramik yang bisa anda coba ikuti!

Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap


1. Biasakan untuk rutin menyapu lantai keramik di rumah anda


Sumber: hipwee.com

Rajin menyapu kotoran pada lantai keramik anda adalah cara terbaik untuk menjaga lantai keramik tetap mengkilap. Perlu anda ketahui bahwa debu yang menumpuk ditambah dengan kotoran berupa pasir dapat menyebabkan keramik menjadi tergore. Jika hal ini terjadi terus menerus dan berulangkali, maka kilap pada keramik lama-kelamaan akan pudar.

2. Biasakan mengepel lantai


Sumber:  gayahidup.merdeka.com

Jika ingin mengepel lantai pakailah air hangat saat mengepel keramik. Air hangat akan membuat kotoran yang menempel pada keramik mudah terlepas. Jika perlu, anda dapat  menambahkan cairan pembersih lantai sesuai dengan petunjuk yang biasanya tertera pada kemasan tiap-tiap produk. Ingat ! Gunakan cairan yang tepat untuk jenis lantai anda.
Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap
3. Pilih kain pel bersih, lembut dan memiliki daya serap yang tinggi


Sumber: cleanipedia.com

Rajinlah mengganti air bilasan jika airnya sudah kotor karena pembilasan. Setiap kali membilas, jangan lupa untuk memeras kain pel agar lantai keramik tidak basah berlebihan.

4. Pel ruangan dengan merata


Sumber: gayasatriaresidence.wordpress,com

Pel ruangan dengan merata, sehingga seluruh keramik dalam ruangan tetap terjaga kebersihannya. Yang terakhir, selesai mengepel, biarkan lantai keramik kering secara alami. Perawatan lantai keramik pada dasarnya memang mudah. Namun pada kasus tertentu diperlukan juga perawatan khusus pada keramik.

Selain cara membersihkan lantai keramik diatas, seperti yang dilansir oleh teruskan.com, berikut ini 3 Tips Membersihkan Lantai Keramik!

3 Tips Membersihkan Lantai Keramik



1. Pilih jenis pel yang digunakan


Sumber: id.aliexpress.com

Alat pel bukan hanya sekedar  kain pel yang berguna untuk membersihkan lantai. Pel yang anda pilih bahkan dapat berpengaruh pada kebersihan lantai rumah anda. Alat pel yang digunakan setidaknya harus cukup kuat untuk membersihkan noda basah atau kering dan tidak meninggalkan goresan pada lantai. Untuk jenis kain pel yang ideal, pilih kain pel yang removable, mudah dilepas atau dapat diganti untuk bagian kainnya. Pilih kain pel yang berbahan ringan untuk memudahkan dalam memeras. Anda juga sebaiknya rajin membersihkan kain pel, karena kain pel yang kotor hanya akan mengotori lantai rumah anda. 

2. Larutan pembersih


Sumber: feed.merdeka.com

Untuk larutan pembersih, sebaiknya menggunakan larutan yang diformulasikan secara khusus untuk memecah dan melarutkan kotoran  yang sulit. Di pasaran telah tersedia beberapa jenis pembersih yang dapat digunakan pada jenis lantai yang berbeda-beda. anda juga dapat membuatnya sendiri dari campuran cuka dan bahan lainnya. Untuk lantai berbahan keramik anda hanya perlu menggunakan  pel basah untuk membersihkannya  atau menggunakan campuran cuka dan air. Gunakan handuk untuk  mengeringkan lantai setelah mengepel dan  pengeringan udara atau sinar matahari langsung pada lantai. 

3. Rajin mengepel


Sumber: rumahkita.com

Semakin sering anda membersihkan lantai rumah, maka semakin mudah untuk mengangkat kotoran yang ada pada lantai. Lantai ubin harus rutin dibersihkan, tetapi banyak orang yang malah menunggu sampai lantai begitu kotor baru mereka ingin membersihkannya.
Membersihkan lantai memang pekerjaan mudah, namun hanya jika anda melakukannya secara rutin. Karena semakin jarang lantai dibersihkan, maka semakin sulit pula kotoran yang sudah menempel untuk dibersihkan. Apalagi jika lantai keramik yang anda gunakan berwarna putih, atau warna cerah lainnya. Karena semakin cerah warnanya, semakin kelihatan jika ada kotoran atau debu yang menempel. Selain itu anda juga pasti tidak akan merasa nyaman bukan jika lantai keramik rumah anda kotor? Jadi mulai sekarang, yuk bersihkan lantai keramik setiap hari!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Lantai Keramik Agar Mengkilap. Semoga bermanfaat!

Others Home Decoration Article :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top