Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Yang Membandel

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Yang Membandel - Kamar mandi menjadi salah satu syarat utama untuk mendapatkan hunian yang nyaman. Dan meski seringkali menjadi bagian paling akhir yang diperhatikan dibandingkan dengan ruangan lainnya dirumah, kamar mandi memegang fungsi penting dalam sebuah rumah.


Sumber: urbanindo.com

Fungsi utama sebuah kamar mandi adalah sebagai tempat bagi pemilik rumah atau anggota keluarga lain untuk membersihkan diri. Dan fungsi ini tidak bisa digantikan dengan ruangan lain di dalam rumah. Selebihnya, kamar mandi juga sering digunakan sebagai tempat untuk relaksasi disaat kita merasa lelah setelah beraktifitas. Atau kamar mandi juga bisa dijadikan sebagai tempat untuk mencari ide atau inspirasi. Mungkin karena ruangan kamar mandi biasanya berada dibagian paling belakang rumah, dan jauh dari jangkauan keramaian sehingga membuat kita bisa leluasa berfikir tanpa terganggu ketika berada di kamar mandi.

Nah karena fungsinya yang banyak dan tidak tergantikan, sangat penting untuk merawat kamar mandi yang dimiliki bukan hanya kenyamanannya tapi juga kebersihan kamar mandi itu sendiri. 
Dan dari semua bagian kamar mandi, lantai kamar mandi adalah bagian terpenting yang harus selalu dirawat. Meski kelihatannya kokoh, lantai kamar mandi juga bisa rusak jika tidak dirawat. Dan seperti yang dilansir oleh peluangproperti.com, berikut ini 5 cara merawat lantai kamar mandi!



5 Cara Merawat Lantai Kamar Mandi


1.  Biasakanlah menyiram dinding dan lantai kamar mandi setiap habis mandi jadi sisa busa sabun tidak menempel di dinding ataupun lantai.
2. Bersihkanlah kamar mandi minimal 1 minggu sekali agar kotoran tidak melekat terlalu lama pada keramik. Cukup menggunakan sabut cuci piring dan sabun colek. Pastikan sesudah menyikat dinding dan lantai, jangan sampai ada sisa sabun tertinggal.
3. Jika ada kotoran yang sulit dibersihkan, bisa diatasi dengan pembersih yang lebih kuat tetapi tidak mengandung asam. Jangan memakai pembersih yang sifatnya keras karena akan merusak lapisan keramik.
4.  Sikatlah nat keramik sampai bersih karena nat keramik bersifat menyerap kotoran, jadi bila tidak dibersihkan akan menjadi tempat untuk bakteri berkembangbiak.
5.  Jika lantai kamar mandi berlumut dan licin, buatlah larutan air kapur lalu siram ke lantai yang berlumut. Diamkan semalaman, lalu gosok lantai tersebut hingga lumut terkelupas. 

6.  Terakhir bilas dengan air bersih. Atau bisa memakai campuran 1 liter air dan 1 sendok makan kaporit, aduk rata, kemudian siramkan ke dinding yang berlumut. Biarkan beberapa jam, lalu itu sikat dan siram dengan air bersih.

Selain merawat, hal lain yang sangat penting adalah untuk selalu menjaga kebersihan lantai kamar mandi. Bukan hanya karena lantai kamar mandi yang bersih akan terasa lebih nyaman, namun juga akan membuat kamar mandi lebih aman digunakan. Seperti yang dilansir oleh ketahui.com, berikut ini Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi!

Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Yang Membandel


Bahan yang diperlukan:
1 buah lemon
Pisau
Talenan
Spons
Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Yang Membandel
Cara membersihkan lantai kamar mandi:
1.  Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu, ambil lemon yang sudah anda siapkan. Lalu belah lemon menjadi beberapa bagian.

2. Jika lemon sudah dibelah, peras untuk dimanfaatkan airnya. Buang biji yang tercampur dengan perasan air lemon.

3. Masukan 1/4 cup perasan air lemon tersebut ke dalam botol semprot yang sudah anda siapkan. Kemudian, masukan 1 cup cuka. Goyangkan botol spray atau kocok-kocok sampai kedua cairan tersebut tercampur rata.

4. Semprotkan cairan tersebut pada keramik kamar mandi yang akan anda bersihkan. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu gosok-gosok dengan menggunakan spons sampai kotoran benar-benar hilang. Lakukan langkah yang sama untuk bagian keramik yang lainnya. 

Selain cara diatas, cara membersihkan lantai kamar mandi lainnya yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan cairan pembersih kamar mandi yang saat ini banyak dijual dipasaran, lalu sikat lantai dengan menggunakan sikat kasar dan siram lantai dengan air. Pastikan seluruh sisa sabun atau cairan pembersih sudah benar-benar menghilang dari lantai kamar mandi, agar tidak licin. Ingat lantai yang licin akan sangat berbahaya bagi pengguna kamar mandi!
Terima kasih sudah membaca artikel Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Yang Membandel. Semoga bermanfaat!

Others Home Decoration Article :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top