50 Desain Kolam Renang Minimalis

50 Desain Kolam Renang Minimalis - Berenang selalu menjadi olahraga favorit banyak orang. Bahkan saat ini meski ada banyak enis olahraga baru yang bermunculan, olahraga renang tetap memiliki peminatnya.


Sumber: pinterest.com

Berenang selain menyehatkan, dan memiliki banyak manfaat seperti mengecilkan perut, melatih otot, dan menambah tinggi badan, juga mampu menyegarkan. Kebanyakan orang yang hobi berenang, biasanya menyalurkan hobinya dengan berenang di kolam renang umum yang dapat ditemukan dengan mudah.

Namun, bagi anda yang tidak terlalu suka berenang di tempat umum, membuat kolam renang pribadi dirumah memang menjadi salah satu alternatif yang bisa diambil. Biasanya kolam renang menjadi salah satu fasilitas yang identik dengan rumah megah dan besar. Namun nyatanya, jika anda memiliki lahan dibelakang rumah yang lumayan luas, anda juga bisa lho membuat kolam renang pribadi. Tentu karena ukuran lahan yang terbatas membuat anda tidak bisa membuat kolam renang sebesar kolam renang umum, tapi paling tidak anda bisa membuat kolam renang minimalis yang mungil namun memadai untuk anda dan keluarga.

Tapi sebelum anda membuat kolam renang minimalis, seperti yang dilansir oleh rumah.com, berikut ini 7 Fakor Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Kolam Renang!

7 Faktor Yang Harus Diketahui Sebelum Membuat Kolam Renang


1. Ukuran dan Layout



Sumber: cahyawahyu.wordpress.com

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah ukuran kolam renang dan ketersediaan lahan kosong di rumah. Bila memang lahan yang tersedia tidak terlalu besar, tidak masalah bila kolam renangnya kecil. Karena yang terpenting adalah bagaimana anda menyiasatinya. Selain itu, anda juga harus menyesuaikan layout kolam renang dengan konsep dan tema rumah. Karena layout berpengaruh pada faktor utama membuat kolam renang, jadi buatlah perencanaan secara matang.

2. Teras/Pool Deck

Sumber: the concerte network

Area sekitar kolam renang sama pentingnya dengan struktur fisik kolam renang itu sendiri. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah teras atau pool deck. Ada banyak ide bagi anda dalam membuat pool deck. Beberapa diantaranya seperti dek kayu, lantai dengan batuan alam, stepping stone yang disusun artistik atau bahkan teras yang menyatu langsung dengan bangunan rumah.

Ada dua hal penting terkait pool deck ini. Pertama, teras yang dibuat haruslah anti selip dan tidak licin demi menjaga keselamatan dan kenyamanan anda dan keluarga. Kedua, kebersihan dari pool deck. Anda dapat menggunakan mesin power washer agar pool deck selalu terlihat bersih dan mengkilap. Karena kebersihan teras kolam renang juga mempengaruhi kenyamanan keluarga anda, bukan?

3. Vegetasi


Sumber: pegipegi.com

Setelah menentukan layout dan teras kolam renang, kini saatnya anda menentukan vegetasi yang dapat mempercantik kolam renang anda. Jika anda menginginkan suasana alam yang natural, berikan sentuhan alami dengan menanam pohon kelapa, kamboja, dadap merah atau pisang kipas untuk mendampingi kolam renang tropis anda. Namun jika anda ingin menanam pohon lain, tidak masalah selama masih sesuai dengan konsep dan tema rumah anda.

4. Kedalaman Air


Sumber: poolnjjacuzzi.com

Tidak hanya keindahan luar dari kolam renang, keadaan fisik dari kolam renang juga harus diperhatikan. Salah satunya adalah kedalaman air. Untuk kolam renang dewasa, tingkat kedalaman airnya 1,4 meter hingga 2 meter. Anda dapat menggabungkan keduanya dengan membuat ramp sebagai pemisah kedalamannya. Bila anda memiliki anak-anak dirumah, tingkat kedalaman air yang disarankan sekitar 0,5 meter.

5. Air dan Sirkulasi


Sumber: poolnjacuzzi.com

Air dan sistem sirkulasi juga memiliki efek tersendiri. Buatlah overflow atau tumpahan air dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana nyaman dan rileks. Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan batu candi yang disusun bertumpuk untuk pinggiran overflow-nya. Anda juga harus memperhatikan keadaan air kolam renang ketika sehabis dipakai. Apakah sedikit keruh karena minyak dari lotion, rambut atau bahkan kulit yang tertinggal didalam air. Lemparkan saja bola tenis kedalam air, dan serat fibernya akan langsung menyerap minyak yang tertinggal. Cara unik, bukan?

6. Filterisasi


Sumber: apnsandfilter.com

Ada beberapa tipe filter yang dapat dipilih, sehingga rencanakan dari awal sebelum membuat kolam renang. Karena filter yang digunakan nantinya akan berpengaruh pada konstruksi bangunan, dan struktur kolam renang itu sendiri.

7. Ketinggian dan Permukaan Lantai


Sumber: apple8residence.com

Hal penting selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tingkat ketinggian permukaan lantai. Usahakan ketinggian kolam renang tidak lebih tinggi dari pool deck. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga kenyamanan dan keselamatan keluarga.

Nah setelah anda membaca 7 faktor penting diatas, sekarang anda juga harus menentukkan desain kolam renang seperti apa yang harus anda buat. Jika selama ini kolam renang pribadi selalu identik dengan ukuran yang luas dan besar, berikut ini 50 Desain Kolam Renang Minimalis yang bisa jadi ide anda dalam membuat kolam renang pribadi anda dirumah!

50 Desain Kolam Renang Minimalis


Sumber: fenuz.com

Sumber: m.kamuelavillas.com

Sumber: Homemydesign.com

Sumber: californiamarkt.com

Sumber: mirabelhouse.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: trendir.com

Sumber: Pinterest

Sumber: cotemaison.fr

Sumber: homesthetics.net

Sumber: ttg.ge

Sumber: ideas4homes.com

Sumber: forum.hawahome.com

Sumber: trendir.com

Sumber: iappfind.com

Sumber: interior-lens.com

Sumber: Aida Homes

Sumber: architectureartdesigns.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: marceladick.com

Sumber: poolproducts.com

Sumber: marceladick.com

Sumber: hipocampo.net

Sumber: interiorhousing.biz

Sumber: World of Architecture

Sumber: youtube.com
50 Desain Kolam Renang Minimalis
Sumber: molimore.com

Sumber: home design

Sumber: interiorismos.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: asrihome.blogspot.com

Sumber: tropicaltrendhomes.com.au

Sumber: pinterest.com

Sumber: Homemydesign.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: gethomeconsult.com

Sumber: Vourtimeri

Sumber: iappfind.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: Founterior

Sumber: lawebloca.com

Sumber: pinterest.com

Sumber: golisbon.com

Sumber: myaustinelite.com

Sumber: houzz.co.uk

Sumber: pinterest.com

Sumber: blog.jacksonpoolservice.com

Sumber: Media Design Photos

Sumber: houzz.co.uk

Itu dia 50 Desain Kolam Renang Minimalis! Bagi anda yang memiliki halaman yang lumayan luas, anda bisa memanfaatkannya dengan membuat sebuah kolam renang. Selain tentu menjadi kelebihan tersendiri, kolam renang juga akan membuat suasana rumah jadi sangat sejuk, nyaman, dan natural. Ditambah gemercik air, dan birunya kolam akan membuat anda merasa rileks. 
Terima kasih sudah membaca artikel 50 Desain Kolam Renang Minimalis. Semoga bermanfaat!

Others Home Decoration Article :

0 komentar:

Posting Komentar

Scroll to top